selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Uncategorized / TIDAK ADA PARPOL YANG BISA USUNG SENDIRI CALON BUPATI DI PEMELIHAN SERENTAK TAHUN 2020

TIDAK ADA PARPOL YANG BISA USUNG SENDIRI CALON BUPATI DI PEMELIHAN SERENTAK TAHUN 2020

Kpu-tolitolikab.go.id,Tolitoli. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, menyebutkan bahwa partai politik didaerah itu harus berkoalisi untuk mengusung pasangan calon pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 karena tidak ada yang memperoleh paling sedikit 20 persen dari total kursi DPRD setempat.

“Jumlah kursi DPRD Kabupaten Tolitoli sebanyak 30 kursi. Dengan demikian, minimal enam kursi,” kata anggota KPU Kabupaten Tolitoli Muhadir.

Syarat  dukungan tersebut sesuai dengan Pasal 40 Ayat (1) UU Pemilihan yang menyatakan bahwa partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD, atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan.

Ia menyebutkan empat partai politik yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilu DPRD Kabupaten Tolitoli 2019, yakni PPP, Golkar, Nasdem, dan PBB masing-masing empat kursi DPRD.

“Jadi, untuk bisa mengusung calon mereka harus berkoalasi,” kata Muhadir menegaskan. (Tim).

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALONBUPATI DAN WAKIL BUPATI TOLITOLI PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020

pengumunan pendaftaran bakal calon20200828_08500659

Click to listen highlighted text!