selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Berita / LITERASI DEMOKRASI MENYONGSONG PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020

LITERASI DEMOKRASI MENYONGSONG PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020

KPU-tolitolikab.go.id,  Mr. Marcus Tantauv (30 tahun) seorang analis manajemen resiko di Asia Tenggara/Selatan, berwarga Negara Australia, menyempatkan diri singgah ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bale Makapande Momoli KPU Kab. Tolitoli, dalam perjalanannya bersepeda motor mengelililingi Pulau Sulawesi yang dimulai dari Makassar dan akan melanjutkannya ke Manado setelah transit di Tolitoli, selasa (04/02) dan berdiskusi dalam dua bahasa tersebut (Inggeris/ Indonesia) dan  bertemu Komisioner KPU Kab. Tolitoli Sulaeman & Muhadir bersama mantan Ketua KPU Kab. Tolitoli A. Masyhur serta  beberapa Staf yang turut nimbrung dalam diskusi “ringan” yang dalam istilah Mr. Markus “Kepoin Politik” mengenai Pemilu, Pemilihan Kepala Daerah & mekanisme Kelembagaan Negara baik Nasional maupun Lokal.

Dalam diskusi tersebut menurut pengakuanya banyak hal yg berbeda dengan sistem Pemilu di Negaranya, salah satu contoh yang dikemukakannya bahwa memilih di Australia itu adalah kewajiban sebagai warga negara, jika tidak memilih didenda, yang jika dikurs dengan rupiah kita, mencapai jutaan rupiah dan sebaliknya ketika turut serta dalam pemilihan, diberikan semacam cendramata oleh “KPPS” di Negaranya sebagai apresiasi negara atas partisipasinya dalam Pemilu. Sebuah model yang mungkin bisa kita adopsi dalam regulasi kita pada saatnya nanti, tentu di sesuaikan dengan demokrasi pancasila kita ……

Dalam diskusi ringan yang hampir dua jam tersebut, mengemuka juga pertanyaan tentang hal-hal yang menyentuh sosial budaya, pluralisme & politik seperti Islam Nusantara, Islam Moderat dan lain-lain.

Sebelum berpamitan ia berencana datang lagi ke Tolitoli dengan mengajak orang tuanya bermotor ria untuk menyaksikan Agenda Tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli,  konvoi tahunan Kapal Yatch yg membawa wisatawan asing secara rutin menyinggahi Pelabuhan Dedek Tolitoli dalam tour mereka keliling dunia. Dan tak lupa memuji keramahan Bangsa Indonesia (menjadi alasan ia berani bersepada motor sendirian/tidak tako didola dijalan). (@ch)

 

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

KPU Tolitoli Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020

Hasil rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah menetapkan jumlah daftar pemilih …

Click to listen highlighted text!