selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Berita / KPU Tolitoli Sosialisasi PKPU No. 6 Dan No. 13 Tahun 2020 Di Kecamatan Dondo

KPU Tolitoli Sosialisasi PKPU No. 6 Dan No. 13 Tahun 2020 Di Kecamatan Dondo

KPU Tolitoli menggelar penyuluhan produk hukum Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 dan 13 Tahun 2020 di Balai Desa Anggasan, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Selasa, 6 Oktober 2020. Sebagai peserta adalah tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta tokoh agama.

 

Penyuluhan produk hukum dihadiri anggota KPU Kabupaten Tolitoli, Divisi Tehnis Penyelenggaraan, Alisman,S.H, sebagai narasumber. Penyuluhan produk hukum itu lebih ditekankan pada pembahasan PKPU Nomor 6 dan PKPU Nomor 13 tahun 2020, khususnya mengenai metode kampanye yang diperbolehkan dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19.

Komisioner KPU Tolitoli, Divisi Tehnis Penyelenggaraan, Alisman mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi produk hukum yang baru dikeluarkan oleh KPU, yakni PKPU Nomor 6 dan 13, sehingga masyarakat perlu mengetahui perubahan yang ada dalam PKPU tersebut.

“Ini kan PKPU 13 tahun 2020 itu tentang bagaimana tahapan lanjutan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di masa pandemi. Jadi PKPU 13 ini perubahan kedua dari PKPU 6 tahun 2020,” kata Alisman.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, Imam, salah satu tokoh agama menanyakan, apa yang harus dilakukan penyelenggara yang ada di kecamatan dan desa agar masyarakat yg belum terdata bisa mendapatkan KTP agar dapat menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“karena jika kita meliha

t masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP karena menikah tanpa melalui KUA,” kata Imam.

Menanggapi hal itu, Alisman menjelaskan, bagi masyarakat yang telah menikah tapi belum memiliki KTP karena menikah tanpa dicatatkan di KUA, tentunya bis melaporkan ke PPK atau PPS untuk bisa dibuatkan KTP.

“Saya menyarankan agar masyarakat yang belum memiliki KTP karena menikah di bawah tangan, saat ini waktunya untuk bisa mendapatkan KTP dengan catatan dibuatkan su

rat pernyataan faktual,” kata Alisman.

Ia menandaskan, dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020, yang pasti KPU mengedepankan kesehatan, baik penyelenggara, peserta, maupun pemilih, tutupnya. (AN34)

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

Hasil Pengundian Nomor Urut Calon di Pemilihan Serentak Tolitoli

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli resmi menggelar penetapan dan pengundian nomor urut calon Bupati …

Click to listen highlighted text!