selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Berita / KPU KABUPATEN TOLITOLI MENGGELAR RAPAT KOORDINASI POKJA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH

KPU KABUPATEN TOLITOLI MENGGELAR RAPAT KOORDINASI POKJA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH

Kpu-tolitolikab.go.id, Tolitoli. Kelompok Kerja  Pemutakhiran Data Pemilih, Pemilihan Serentak Tahun 2020 menggelar rapat koordinasi antar instansi terkait yang diprakarsai oleh KPU Kabupaten Tolitoli. Turut hadir dalam kegiatan yang rutin digelar setiap bulan, yaitu unsur Kominfo, Disdukcapil, Dinkes, Kemenag, Gugus Tugas Covid-19 dan pihak  Lapas Kelas II B Tambun, yang dilaksanakan pada Kamis siang (30/7/2020).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk membahas evaluasi pelaksanaan Pencocokan Data Pemilih  (Coklit). Selain coklit output dari pokja tersebut juga berupa penanyangan film dokumenter terkait sosialisasi dukungan Pemutakhiran Data Pemilih yang dilaksanakan oleh PPDP dan dukungan secara umum Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut rapat koordinasi dibuka oleh ketua KPU Kabupaten Tolitoli, Sulaeman, meminta kepada seluruh peserta rapat untuk memberikan tanggapannya terkait data pemilih.

I Made Koto Parianto sebagai Komisioner KPU Kabupaten Tolitoli Devisi Perencanaan, Data dan Informasi memaparkan perkembangan coklit dan hasil coklit, yaitu di minggu pertama kegiatan coklit, dari 109 desa yang di wilayah Kabupaten Tolitoli ada satu Desa yang sama sekali tidak bisa untuk dilaksanakan coklit, yaitu Desa Batuilo Kecamatan Ogodeide, karena kondisi alam yang buruk, yaitu curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan terjadinya banjir dan hal tersebut telah kami laporkan ke KPU Provinsi Sulawesi Tengah. Selain masalah alam ada juga masalah terkait dokumen kependudukan, salah satunya adalah adanya warga yang menikah dibawa umur sehingga tidak memiliki KTP dan KK.

Masalah dokumen kependudukan, sudah mendapatkan solusi dari Plt Disdukcapil, Kadri, yang menjelaskan dikegiatan sebelumnya (Rapat kerja KPU Kabupaten Tolitoli bersama PPK se Kabupaten Tolitoli). Dan turut memberikan tanggapan Kepala Kantor Kementrian Agama Tolitoli, Muchlis menyampaikan tentang warga yang menikah dibawa umur akan diberikan disepensasi jika bermohon ke Kementrian Agama, dan proses kepengurusannya akan lancar jika menikah dengan alasan Merried by Accident (MBA), kemudian yang menikah dibawa tangan akan dilakukan sidang isbat di pengadilan Agama.

Progres kegiatan coklit diminta pelaporanya oleh KPU RI, maka pada tanggal 15/7 sampai dengan 21/7 adalah laporan tahap pertama sesuai rincian presentasinya mencapai 43 persen, kemudian tahap kedua yang dilaksanakan pada tanggal 22/7 sampai dengan 29/7 presentasinya mencapai 62 persen sampai dengan saat ini, dan coklit ini berakhir pada tanggal 13/8, tambah I Made Koto Parianto.

Sehubungan dengan hal tersebut I Made Koto Parianto juga meminta kepada Kalapas Kabupaten Tolitoli yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut, untuk memberikan data warga binaan. (YL)

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

Kades Anggasan Apresiasi sosialisasi Produk Hukum Mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 Yang Dilakukan Komisi Pemilihan Umum KPU Tolitoli

Terkait sosialisasi produk hukum mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum …

Click to listen highlighted text!