selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Berita / KPU KABUPATEN TOLITOLI MELAKSANAKAN GERAKAN COKLIT SERENTAK (GCS)

KPU KABUPATEN TOLITOLI MELAKSANAKAN GERAKAN COKLIT SERENTAK (GCS)

Kpu-tolitolikab.go.id, Tolitoli. Penyiapan Data Pemilih untuk setiap Pemilihan Umum atau Pemilihan Kepala Daerah merupakan salah satu unsur penting dan strategis untuk terlaksananya Pemilu atau Pemilihan Umum, dari Data Pemilih yang dihasilkan akan menjadi dasar untuk penyampaian unsur lainnya, misalnya penyiapan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Penyampaian jumlah surat suara, Penghitungan Hasil Suara, dan lain-lain.

Ada hal yang tidak kala penting untuk diperhatikan oleh jajaran Penyelenggara/Pelaksana Pemilu, bahwa Data Pemilih selalu menajdi issu Politik yang menarik dan mudah untuk dipersalahkan oleh berbagai pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu dan Pemilihan.Sementara, pada sisi yang lain proses-proses penyusunan Data Pemilih yang akurat, memerlukan dukungan serius dari kelembagaan lain dan terutama masyarakat wajib pilih.

Gerakan Coklit serentak (GCS) di mulai dengan kegiatan apel kesiapan PPDP, yang dipimpin oleh ketua PPK dan dilaksanakan di 10 kecamatan pada wilayah kerja KPU Kabupaten Tolitoli. Dimana pembagiannya adalah 4 kecamatan yang tempat pelaksanaan apelnya dibagi dalam beberapa titik. Dampal selatan yang dibagi menjadi 2 titik, kecamatan Dondo dibagi menjadi 2 titik, kecamatan Galang dibagi menjadi 2 titik, dan kecamatan Baolan di bagi menjadi 5 titik. Untuk 6 kecamatan berikutnya, hanya melaksanakan apel pada 1 tempat saja, yaitu kecamatan Dampal Utara, kecamatan Basidondo, kecamatan Ogodeide, kecamatan Lampasio,  kecamatan Dakopemean dan kecamatan Tolitoli Utara.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan Coklit Serentak oleh PPDP, yang didampingi oleh Komisioner KPU Kabupaten, Staf sekretariat KPU Kabupaten, PPK, PPS, Panwas kecamatan, Panwas desa dan beberapa aparat pemerintah kecamatan mapun desa.

PPDP yang mendatangi rumah-rumah warga untuk melaksanakan coklit, tentunya juga menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, pelindung wajah, kaos tangan serta membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan warga yang didatangi, agar warga merasa aman dari covid-19.

Anggota KPU Kabupaten Tolitoli, I Made Koto Parianto mengatakan Pemuktahiran Data Pemilih atau Coklit dilaksanakan dari tanggal (18/7) sampai dengan (3/8) 2020. Dan tujuan dari coklit ini adalah untuk memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli ini telah terdaftar dan memenuhi syarat memilih.

Berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) jumlah warga Kabupaten Tolitoli yang memenuhi syarat sebagai pemilih sebanyak 153.115 orang. (YL)

 

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

Kades Anggasan Apresiasi sosialisasi Produk Hukum Mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 Yang Dilakukan Komisi Pemilihan Umum KPU Tolitoli

Terkait sosialisasi produk hukum mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum …

Click to listen highlighted text!