selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU KABUPATEN TOLITOLI provinsi sulawesi tengah
Home / Berita / DISIPLIN DALAM MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19, KPU KAB. TOLITOLI MELAKSANAKAN RAPID TEST

DISIPLIN DALAM MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19, KPU KAB. TOLITOLI MELAKSANAKAN RAPID TEST

Kpu-tolitolikab.go.id, Tolitoli. Guna memenuhi standar protokol kesehatan covid-19 dalam setiap tahapan, dan untuk memastikan bahwa seluruh penyelenggara yang ada diwilayah Kabupaten Tolitoli bebas dari Covid-19, KPU Kabupaten Tolitoli melaksanakan Rapid Test bagi Anggota KPU Kabupaten Tolitoli, Staf sekretariat, Tenaga Teknis Pendukung, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sekretariat PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sekretariat PPS dan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

Dalam pelaksanaan Rapid Test tersebut, KPU Kabupaten Tolitoli bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, yang pelaksanaannya dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

 

 

Rapid Test ini dilaksanakan di Kecamatan Masing-masing dengan pembagian jadwal berbeda, yaitu tanggal (9/7) untuk Kecamatan Baolan dan Kecamatan Galang, tanggal (10/7) Kecamatan Dakopemean, Kecamatan Tolitoli Utara dan Kecamatan Ogodeide. Kemudian tanggal (11/7) Kecamatan Lampasio, Kecamatan Basidondo, Kecamatan Dondo, Kecamatan Dampal Utara dan Kecamatan Dampal Selatan.

Anggota KPU Kabupaten Tolitoli Alisman Dg. Mario mengatakan KPU Tolitoli harus memastikan bahwa seluruh personil KPU sampai dengan Badan Ad hoc bebas dari covid-19, agar masyarakat sebagai pemilih bisa merasa aman, dari penyebaran covid-19 dalam berinteraksi dengan Penyelenggara Pemilihan Tahun 2020 di wilayah Kabupaten Tolitoli.

 

Dijelaskan Alisman, pelaksanaan Rapid test pada hari pertama di bagi menjadi 3 tahapa dan diikuti sebanyak (419 orang). Yaitu Komisioner KPU Tolitoli sebanyak (5 orang), Staf Sekretariat (25 orang), Tenaga Teknis Pendukung (15 Orang), Anggota PPK (10 orang) sekretariat PPK (6 orang) Anggota PPS (72 orang) sekretariat PPS (72 orang) dan Petugas Pemuktahiran Data Pelimilih (213 orang).

Menurutnya, jika ditemukan ada yang reaktif Rapid Test, bagi anggota KPU Tolitoli dan Badan Ad-hoc maka tidak dapat diberhentikan karena alasan tersebut, tetapi tidak diperkenankan dulu untuk masuk kerja, dan akan dilakukan isolasi mandiri atau pengurusannya diserahkan kepada yang berkompeten dalam hal itu. Sedangkan untuk petugas PPDP, jika ditemukan ada yang reaktif rapid test maka akan dilakukan pergantian, karena masa kerjanya hanya satu bulan mulai tanggal 15 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020 mendatang.

“Kita harap dengan adanya pelaksanaan Rapid Test ini bisa membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara yang kontak langsung dengan mereka nantinya, karena selain dilaksanakan Rapid Test setiap penyelenggara khususnya PPDP itu sudah dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar kesehatan pencegahan penularan covid-19. Sehingga Seluruh Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020, akan berjalan lancar dan pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 bisa terlaksana sebagai mana mestinya”, tutup Alisman. (YL)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

About tolitoli

Check Also

Kades Anggasan Apresiasi sosialisasi Produk Hukum Mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 Yang Dilakukan Komisi Pemilihan Umum KPU Tolitoli

Terkait sosialisasi produk hukum mengenai Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum …

Click to listen highlighted text!