Home / Berita Umum / Sesoalisasi Sekolah Pemilihan Umum

Sesoalisasi Sekolah Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli, membuka Sekolah Pemilihan Umum (Pemilu) dengan sasaran masyarakat agar partisipasi pemilu di daerah tersebut meningkat.

Sosialisasi Sekolah Pemilu dilakukan pada 30 peserta yang menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Sekolah Pemilu di aula KPU Tolitoli, Senin (27/3/2017).

Komisioner KPU Tolitoli Divisi Sosialisasi, Sulaeman Pajalani menjelaskan kegiatan tersebut merupakan inisiatif KPU Tolitoli melihat angka partisipasi pemilih pada Pemilu Legaslatif tahun 2014.

“Tahun 2009 partisipasi pemilih 77,42 persen sedangkan 2014 turun sedikit menjadi 73,42 persen. Hal inilah yang menjadi dasar kami menciptakan sekolah pemilu,”ujar Sulaeman.

Peserta dari Sekolah Pemilu nantinya akan bertugas menyosialisasikan pemilu kepada warga, mulai dari pemilih muda, perempuan dan disabilitas agar turut berpartisipasi menyukseskan pemilu ke depan.

“Kegiatan ini tidak ada anggarannya, namun ini inisiatif kami agar partisipasi pemilih di Tolitoli semakin meningkat,”ujar dia.

Setiap peserta mewakili masing-masing kecamatan dan merupakan mahasiswa dan pemuda di Tolitoli yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan masyatakat.

“Karena tidak ada dana untuk sosialisasi ini, ke-30 relawan tersebut melakukan sosialisasi tempat atau perkumpulan warga. Misalnya di masjid, ibu-ibu arisan, Karang Taruna,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tolitoli, Hambali Mansur mengungkapkan karena kegiatan tersebut bersentuhan langsung dengan masyatakat, maka para relawan dilarang diharapkan tidak memanfaatkan kegiatan tersebut untuk kepentingan lainnya, apalagi bermuatan politis.

“Kalian harus bersih dari kegiatan sosialisasi ini,”tegas Hambali.

Di sisi lain ia juga menjelaskan alasan utama kegiatan tersebut disebut Sekolah Pemilu karena Pemilu berbeda dari pengetahuan lainnya.

“Kalian lihat saja yang bekerja di KPU orang-orang yang dari latar belakang pendidikan berbeda. Pemilu ini unik, oleh karena itu Pemilu yang baik akan lahir dari orang-orang seperti kalian ini,” tutup Hambali. INT

About mresha

Check Also

TATA CARA PENGAJUAN INFORMASI PUBLIK

bahwa dalam menyikapi PKPU No. 1 Tahun 2015 tentang pengelolaan dan pelayanan informasi publik dilingkungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *